6 Atlet Indonesia Paling Bersejarah

Ada begitu banyak atlet tanah air yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Namun enam diantaranya mempunyai reputasi dan dikenang sangat bersejarah. Enam atlet tersebut adalah:

1. Susi Susanti

Foto: Istimewa

Atlet Indonesia paling bersejarah yang pertama adalah Lucia Francisca Susi Susanti, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Susi Susanti, seorang atlet bulu tangkis nasional. Susi Susanti pernah sangat dikenal masyarakat Indonesia saat ia membawa bulu tangkis tunggal putri Indonesia membawa medali emas dalam ajang olimpiade Barcelona pada tahun 1992, setelah di babak final berhasil menundukan Bang Soo Hyun dari Korea. Kemenangannya ini dikenang sangat heroik karena untuk pertama kalinya Indonesia mampu memperoleh medali emas di ajang bulu tangkis tunggal putri internasional. Keharuan dan kebanggaan terlihat ketika Susi Susanti menerima penghargaan dan bendera Merah Putih dinaikan dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

2. Yayuk Basuki

Foto: Istimewa

Atlet Indonesia paling bersejarah yang selanjutnya adalah Yayuk Basuki, seorang atlet papan atas Indonesia di bidang tenis. Boleh dibilang Yayuk Basuki merupakan satu-satunya atlet tenis Indonesia dengan ranking tertinggi. Yayuk pernah menjadi pemain Indonesia pertama yang menjuarai turnamen tenis profesional di Pattaya pada tahun 1991. Meski belum pernah memboyong medali emas. Sepanjang karirnya, Yayuk telah memboyong enam gelar tenis tunggal tour WTA. Karir terbaiknya diraih pada tahun 1997 di Grand Slam Wimbeldon saat dia masuk ke dalam jajaran ranking ke 19 menurut WTA.

3. Alexandra Asmasoebrata

Foto: Istimewa

Atlet berikutnya adalah Alexandra Asmasoebrata, seorang dara manis yang terjun ke dunia balap mobil formula. Atlet manis yang lebih dikenal dengan sebutan Andra ini merupakan satu-satunya pembalap mobil formula perempuan dari Indonesia di ajang internasional.Andra mulai mengikuti ajang balap formula pertama kali pada tahun 2007 di event Formula Renault Asia. Pada tahun ini pula ia mendapat penghargaan dari MURI atas prestasinya sebagai pembalap perempuan satu-satunya dari Indonesia.

4. Agung Atty Hendrawati

Foto: Istimewa

Atlet keempat adalah Agung Etty Hendrawati, seorang gadis mungil di bidang panjat tebing. Di ajang panjat tebing nama Etty dikenal sebagai kolektor peraih medali, mulai dari tingkat nasional, Asia, hingga internasional. Etty memulai karir juaranya pada tahun 1998. Dan pada tahun 2000 tidak tanggung-tanggung Etty menyabet beberapa gelar sekaligus, yakni meraih empat medali emas di PON ke XV, juara satu speed climbing Indonesia, dan juara satu kompetisi internasional yang diadakan ESPN.

5. Chris John

Foto: Istimewa

Atlet selanjutnya adalah Yohannes Christian John, atau Chris John, seorang atlet tinju yang sangat memukau di ring. Chris John tercatat sebagai petinju Indonesia yang berhasil meraih gelar juara internasional. Hingga kini ia berhasil mempertahankan gelar WBA kelas bulu untuk ke enam belas kalinya setelah menang di Marina Bay Sands, Singapura.

6. Rudy Hartono

Foto: Istimewa

Atlet terakhir dalam artikel ini adalah Rudy Hartono, sang maestro bulu tangkis tanah air. Rudy menjadi langganan dalam mengharumkan nama Indonesia di ajang bulu tangkis internasional dan berkali-kali memperkuat team Thomas sejak tahun 1967. Hingga kini, belum ada pebulu tangkis Indonesia yang mampu mengalahkan prestasi Rudy Hartono dengan rekor delapan kali menjurai All England.

Demikian 6 atlet Indonesia paling bersejarah versi Tambah Tau. Saksikan tayangan audio-visual Tambah Tau hanya di TV Plus, Televisi Keluarga Jabodetabek.

Satu pemikiran pada “6 Atlet Indonesia Paling Bersejarah

Tinggalkan komentar